PROFIL RTQ CAHAYA JANNAH
RTQ CAHAYA JANNAH
A. Latar Belakang
Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa. Menyikapi tantangan globalisasi yang turut membuat dinamika karakter jiwa muda bergejolak, sangat diperlukan bimbingan yang memberi arah positif dalam menyikapi perkembangan zaman. Banyak masyarakat menilai bahwa globalisasi tidak sedikit telah menggeser nilai-nilai moral dan prinsip Islam, karena arah globalisasi yang lebih condong ke budaya Barat. Selain itu, perkembangan teknologi yang berjalan pesat secara perlahan menggerus produktivitas manusia untuk membaca Al-Qur'an, hingga membatasi interaksi langsung dengan masyarakat, disamping banyaknya dampak positif adanya smart phone. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh rasa senang dan nyaman atas ragam tontonan dan fitur-fitur lengkap yang bisa diakses hanya melalui satu genggaman tangan. Melalui program-program yang ada, RTQ Cahaya Jannah bertekad menggugah semangat para santriwati agar menjadi pribadi yang sukses di dunia dan di akhirat. Menjadi mahasiswa dan insan qur'ani yang optimis dalam menyongsong masa depan dan mengikuti perkembangan zaman.
B. Profil RTQ Cahaya Jannah
Rumah Tahfidz Al-Qur’an (RTQ) Cahaya Jannah merupakan sebuah tempat pendidikan mukim gratis khusus putri yang memiliki fokus utama pada kegiatan menghafal Al-Qur’an. Selain program utama tersebut, para santriwati RTQ Cahaya Jannah juga turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial masyarakat sebagai wujud aplikasi pengembangan akhlaqul karimah dengan memberi manfaat bagi sesama manusia. RTQ Cahaya Jannah berdiri atas inisiasi dari Bapak Triyanto pada tahun 2021 lalu. Dalam upaya mencapai pengelolaan yang baik, maka dalam manajemen kegiatan pondok pesantren putri ini dibantu oleh Ibu Ike Setyawati yang juga berperan sebagai penanggung jawab para santriwati yang mukim. Berlokasi di Jl. Kaliurang Km.5, Gg. Mulwo, Karangwuni, Caturtunggal, DIY, RTQ Cahaya Jannah telah berhasil menyatukan beberapa mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta untuk memanfaatkan kesempatan menghafalkan Al-Qur’an sambil kuliah. Hingga 5 Agustus 2024, RTQ Cahaya Jannah ditempati oleh seorang ustadzah dan enam orang santriwati dari latar belakang daerah dan perguruan tinggi yang berbeda-beda.
1)
Nama
Pondok Pesantren : Rumah
Tahfidz Qur’an Cahaya Jannah
2)
Kualifikasi
Santri :
Khusus Putri (Akhwat)
3)
Nama
Pendiri : Bapak Triyanto
4)
Nama Penanggung Jawab : Ibu Ike Setyawati
5)
Tahun
Berdiri : 2021
6) Alamat Lengkap : Gg. Mulwo RT.03 RW.01, Dukuh Karangwuni
Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
7)
Nomor
Telepon :
0821-3607-7414
8)
Nomor
WhatsApp :
0821-3607-7414
9)
Alamat e-Mail :
Cahayajannah033@gmail.com
10 Program Kegiatan :
Ø
Ziyadah
Ø
Murojaah
Ø Tahsin/tajwid
11Jumlah Pengajar :
1 (satu)
12Jumlah Santriwati : 6 (enam)
1) Atikah Rifa Amany
23 2) Mya Tristina
rrr 3) Qoonitah Roosyidatul Azhaari
4) Qurrotu Aini Muthmainnah
ds 5) Zahwa Khoirun Nisa
6) Zulfa Nabila Barid
C. Visi, Misi, dan Tujuan
VISI
Menyiapkan generasi milenial islam berpendidikan tinggi dalam ilmu dunia yang hafal, paham, dan mengamalkan Al-Qur’an.
MISI
1) Memberikan dukungan bagi generasi milenial islam yang
sedang menempuh pendidikan tinggi agar hafal, paham, dan mengamalkan Al-Qur’an.
2) Menyelenggarakan bimbingan menghafal Al-Qur’an bagi
mahasiswi yang sedang menjalani kuliah di kota Yogyakarta.
TUJUAN
1) Menunjang spiritualitas para santriwati dengan tujuan
mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui program tahfidzul qur’an.
2) Menanamkan rasa cinta pada kalam illahi (Al-Qur’an) dengan harapan agar para santriwati dapat
memahami, mempelajari, dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam
Al-Qur’an sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
3) Membina ukhuwah
islamiyah, memperkuat rasa solidaritas secara sosial, mengembangkan sikap
mandiri, dan melatih koordinasi dalam tim melalui program reguler dan
partisipasi dalam masyarakat sosial.
4) Mencetak sarjana wanita sekaligus penghafal Al-Qur’an
dalam upaya mewujudkan generasi muslimah millennial
yang cinta terhadap Al-Qur’an.
33
3
3
3
3
2
2
dd
n
Comments
Post a Comment